Tetapkan APBDes 2024, Husni Tamrin Berikan Penjelasan Kepada Masyarakat Penggunaan ADD Dan DD 

Kepahiang, Publikpost.com- Bertempat di Balai Desa Batu Belarik Kecamatan Bermani Ilir Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu di gelar kegiatan awal tahun yang biasa di sebut dengan Musyawarah Desa (musdes) Penetapan Anggara Pendapatan Dan Belanja Desa (APBDes) untuk tahun anggaran 2024, yang bertujuan agar pendapatan dan belanja desa menjadi transparan terhadap masyarakat desa, kegiatan ini di laksanakan pada hari Saptu pagi, (20/02/2024).

Kepala Desa Batu Belarik Husni Tamrin dalam penyampaian nya mengatakan untuk Pendapatan dan Belanja Desa tahun ini bejumlah total 1.234.353.600 dengan pembagian Anggaran Dana Desa (ADD) sebesar 503.969.600 dan teransfer Dana Desa (DD) sebesar 739.384.000 dan dari total pendapatan tersebut masih banyak pembagian penggunaanya, di mulai dari honorarium, program pemerintah yang menjadi skala prioritas.

“Dengan pendapatan dan belanja sebesar 1 miliyar lebih ini, pemerintah desa tetap fokus dengan pembangunan sarana dan pra sarana desa dan pengguanaan skala prioritas seperti pemulihan ekonomi melalui bantuan langsung tunai, program ketahan pangan dan biaya tak terduga lainya serta yang pasti honorarium Kepala Desa dan Perangkat Desa, BPD, Linmas, PAUD, Perangakat Masjid dan masih banyak yang lain nya seperti memberikan bantuan kepada karang taruna desa, Ibu PKK,” jelas Husni.

Lanjut, Husni Tamrin menambahkan melalui musyawaraah desa yang di laksanakan hari ini bertujuan supaya masyarakat mengetahui arah dan pengguanaan ADD dan DD dan tentunya juga sebagai bentuk keterbukaan informasi publik agar nanti nya dalam merealisasikan pembangunan saran dan pra sarana dan ketahanan pangan masyarakat juga dapat mengetahui jumlah besaran anggaran biaya nya serta bisa bersama sama mengawasi penggunaan APBDes tersebut.

“Dengan adanya keterbukaan informasi publik kami berharap agar masyarakat juga dapat mengetahui besaran anggara di setiap kegiatan desa dalam satu tahun, supaya dalam memajukan desa dari segi pembanguan dan pemulihan ekonomi masyarakat juga dapat berperan untuk ikut mengawasi dan membantu dalam mengerjakan nya,” tambahnya.

Dalam kegiatan tersebut tampak hadir Perwakilan Camat Bermani Ilir, TAPM Kabupaten, PLD, BPd Bhabinsa, Bhabinkamtibmas, serta Lapisan Masyarakat Deaa Batu Belarik. (warsito)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *