TIM PKK Kecamatan Curup Sabet Juara 1 Lomba Cipta Menu B2SA, Hj Hartini : Sarankan Makanan Olahan Sendiri

Dok : Foto Bersama para juara lombah Cipta Menu B2SA 

Publikpost.com – Rejang Lebong, Dalam rangka memeriahkan HUT Kota Curup Ke – 144. Diwarnai berbagai lombah salah satunya lomba Cipta Menu Beragam Bergizi Seinbang dan Aman (B2SA). Dimana kegiatan dilaksanakan di Pendopo Pat Petulai, Senin, (20/5/2024).

Adapun yang berhasil meraih juara dalam lomba cipta menu B2SA yakni
Untuk juara pertama di raih oleh Tim PKK Kecamatan Curup, Juara II dan III diraih PKK Kecamatan Sindang Kelingi dan PKK Kecamatan PUT. Harapan I, II dan III dimenangi PKK Curup Timur, Bermani Ulu Raya dan Curup Utara.

Lomba cipta menu B2SA ini diikuti 12 dan 15 PKK Kecamatan di Rejang Lebong. Penampilan menu B2SA yang ditampilkan para peserta dinilai langsung 4 juri. Terdiri dari, Eri Puspadiah, Elva Novian, Selvi Novitasari dan Ade Agustriani.

Dalam kesempatanya Ketua TP PKK Hj. Hartini Syamsul Effendi, S.Sos, M.Si menyampaikan dimana Menu B2SA ini sangat diperlukan keluarga. Setiap anggota keluarga membutuhkan asupan gizi yang berbeda disesuaikan dengan kebutuhan hariannya. Misalnya menu untuk anak balita, ibu hamil dan menyusui. Anak yang aktif berolahraga dan ayah yang aktif bekerja. Sehingga diperlukan menu beragam, bergizi seimbang dan aman. Serta sarat dengan gizi nabati dan hewani

” Ya karena menu B2SA ini sangat diperlukan Keluaraga, mengigat setiap anggota keluarga membutuhkan asupan gizi yang berbeda-beda karena di sesuaikan dengan kebutuhan sehari-hari,” Ujarnya

Ia juga menjelaskan misalnya, ikan dapat diolah menjadi beberapa jenis menu. Jika anak-anak kurang suka dengan ikan, maka, ikannya dapat diolah menjadi bakso atau sosis. Sehingga, menarik selera anak. Yang penting anak bisa mendapat asupan gizi hewani dan nabati sebagai penopang tumbuh kembangnya.

” Untuk itu saya himbau ibu-ibu untuk mengurangi makan jadi atau makanan kemasan. Akan lebih baik makanan itu dibuat sendiri dengan bahan baku yang ada di lingkungan rumah. Seperti ubi, pisang, dan jagung. Juga aneka sumber nabati lainnya karena semua itu secara tidak langsung ibu – ibu menjadi kreatif,” Jelasnya

Ia juga menambahkan Sebagai protein hewani dapat menggunakan ikan. Untuk itu, bukan hanya kebun PKK yang ditanami aneka sayur-sayuran dan bumbu dapur. Tapi, perlu juga dikembangkan program ternak ikan lele dibawah kangkung.

” Ya bukan hanya kebun PKK saja ditanami sayur dan bumbu dapur tetapi bisa juga memanfaatkan ternak lele di bawah kangkung dan bahkan ditempat-tempat yang bisa dimanfaatkan,” Pungkasnya (prw).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *