Sejumlah Mahasiswa Baru Institut Agama Islam Negeri IAIN Curup, Pingsan Saat Ospek

Publikpost.com – Rejang Lebong, Kegiatan ospek atau pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru (MABA), sudah menjadi agenda tahunan yang tidak boleh tertinggal. Beragam manfaat yang akan diterima oleh mhasiswa baru (maba) dalam kegiatan ini, namun di sisi lain juga ada yang kontra lantaran dianggap sebagai rangkaian kegiatan yang cukup melelahkan.

Seperti baru-baru ini viral beredar foto kegiatan pra-ospek atau pra-PKKMB Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup kabupaten Rejang yang mendapat sorotan publik. Hal ini lantaran 11 (maba) dilarikan ke kelinik kesehatan terdekat dikarenakan diduga mendadak pingsan. Saat mengikuti kegiatan pada kamis, (24/08/23).

Saat di konfirmasi Wakil Rektor (Warek) III IAIN Curup, Dr.Fakhruddin, S.Ag.,M.Pd pada Jum’at (25/08/2023) pukul 11.00 WIB membenarkan bahwa adanya 11 mahasiswa baru yang dibawa ke klinik untuk mendapatkan perawatan.

” Benar memang ada, sebenarnya hanya ada 3 orang, namun yang dirawat di klinik memang ada 11 orang. 1 di klinik Thamrin Dusun Curup dan 10 di klinik As – Salam Air Rambai. Dari 11 mahasiswa tersebut 3 mahasiswa dilakukan rawat inap,” ungkapnya

Ia juga menjelaskan, dimana para mahasiswa yang pingsan pun tidak sekaligus, ada yang dari siang sudah pingsan dan langsung dibawa ke Posko/Unit Kesehatan Mahasiswa untuk menjalani perawatan seadanya.

Lanjutnya, 7 dari 11 orang yang dibawa ke Klinik, setelah dilakukan pemeriksaan medis, langsung boleh pulang, hanya 3 yang menginap, itupun informasinya siang ini sudah boleh pulang. Sementara, biaya perawatan ditanggung kampus, berbeda dengan yang 3 mahasiswa yang rawat ini, karena mereka memiliki BPJS.

“Hal seperti ini, setiap kali ada kegiatan Ospek memang ada saja mahasiswa yang bermasalah dengan tenaga dan kesehatan terlebih cuaca panas seperti saat ini juga sangat mempengaruhi,” ujarnya.

Terkait informasi bahwa kegiatan tersebut dilakukan hingga malam hari, pihaknya membantah, dimana tidak ada kegiatan sampai malam hari, begitu juga dengan informasi yang terkait tidak ada AC dan kipas angin.

” Untuk kegiatan sendiri tidak ada yang dijadwalkan hingga malam, namun memang kemarin sedikit molor tapi tidak sampai malam, hari ini saya minta untuk menyelesaikan kegiatan PBAK pukul 16.00 WIB , Untuk AC dalam ruangan tersebut memang sudah rusak, tapi kalau kipas angin ada,” tutupnya (red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *