Kepala Desa Sungai Jernih Hadiri Rakor Kemenko PMK Regional Sumatra-Jawa

Publikpost- Kepahiang, Kegiatan yang dihadiri oleh Perwakilan Regional Sumatera dan Jawa yang berlangsung di Jakarta tepatnya di Grand Mercure Harmoni Hotel, dilaksanakan dari tanggal 24-26 Agustus dan dihadiri oleh 118 peserta regional Sumatera–Jawa. Rapat Koordinasi (Rakor) membahas Penyusunan Peta Jalan Pelaksanaan UU No. 6 Tahun 2014 tentang Desa dalam Kerangka Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD).Saat di jumpai di kediaman nya Kepala Desa perwakilan dari Provinsi Bengkulu yang mengikuti Rakor tersebut, Kepala Desa Sungai Jernih Suryo Purnomo mengatakan Rakor ini dibuka secara langsung oleh Plt. Deputi Bidang Koordinasi Pemerataan Pembangunan Wilayah dan Penanggulangan Bencana Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Sorni Paskah Daeli, mengatakan PMK sebagai pelaksana komponen 3 (tiga) dimandatkan untuk menyusun dokumen strategi pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Diharapkan dengan adanya dokumen tersebut dapat menjadi peta jalan dan memandu pelaksanaan Undang-undang Desa bagi pemerintah, pemda provinsi/kabupaten dan pemerintah desa.

“Melalui dokumen ini, pemerintah pusat dan daerah, baik provinsi, kabupaten/kota, dapat memiliki panduan dalam menyusun rencana strategis dan rencana kerja, terutama untuk menjembatani program-program penguatan pemerintahan, pembangunan dan pemberdayaan desa sebagai pelaksana RPJMN,” kutip suryo. Pada hari Senin, (28/08/2023).

 

Lanjut Suryo menambahkan Mekanisme rakor ditekankan pada kerja kelompok. Masing-masing peserta yang sudah dibagi ke dalam kelompok berdiskusi dan secara fokus membahas sejumlah isu strategis pada Undang-Undang Desa, karena Pemerintah Desa menjadi unjung tombak dalam pembangunan di Desa.

 

“Dalam diskusi tersebut (kemarin.red) lebih membahas tentang peningkatan kualitas belanja desa untuk pemulihan ekonomi desa, penanganan kemiskinan dan stunting, pemenuhan kebutuhan dan layanan dasar, penguatan ketahanan pangan, pemberdayaan kawasan dan penanganan paska bencana dan isu lainnya,” tambahnya.

 

Bersama Kepala Desa kami menelusi ke website kemenkopmk.go.id, kami menemukan informasi peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut. Sebanyak 118 peserta yang hadir regional Sumatera–Jawa dari unsur Dinas PMD Provinsi dan Kabupaten, Bappeda Provinsi, Koordinator tenaga pendamping profesional (TPP) provinsi, tenaga ahli (TA) dan perwakilan kepala desa dan Hadir sebagai narasumber Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri Eko Prasetyanto Purnomo Putro, Penggerak Swadaya Masyarakat Ahli Madya Kementerian Desa PDTT Hanna Prastuti dan Koordinator Pengawasan Wilayah I BPKP Adrian Puspawijaya. (ANK4)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *