Dinsos Rejang Lebong Gelar Bimtek Operator SIKS-NG

Foto : Kepala Dinas Sosial RL Anes Rahman saat menyampaikan kata sambutan

Publikpost.com, Rejang Lebong- Bertempat di ruang pola, Kamis (24/8/2023). Bupati Kabupaten Rejang Lebong Drs.H.Syamsul Effendi MM, diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Pranoto Majid,SH.,M.Si, membuka acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Operator Aplikasi Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation atau disingkat SIKS-NG untuk Desa/Kelurahan Se-Kabupaten Rejang Lebong.

Kegiatan dihadiri Kepala Dinsos Kab.Rejang Lebong Anes Rahman S.Sos, Inspektur Inspektorat Kab.Rejang Lebong Gusti Maria, SH, Kepala Dinas PMD Kab.Rejang Lebong Suradi,SH.,M.Si, Kepala Dinas Dukcapil Kab.Rejang Lebong Drs. Muradi, Kabag Pemerintah Setda Kab.Rejang Lebong Bobby Harpa Santana SSTP, M.Si, Kepala BPJS Cabang Curup Eka Natalia Setiani, Para Camat, narasumber dari Dinsos Kab.Bengkulu Utara, dan TKSK maupun SDM PKH Kab.Rejang Lebong

Dalam kesempatannya, Kepala Dinsos Rejang Lebong Anes Rahman S.Sos, mengatakan dengan kegiatan yang hanya satu hari ini, dirinya berharap para peserta bisa memaksimalkan acara tersebut.

“Bimteknya menggunakan metode presentasi materi dan tanya jawab dengan jumlah pesertanya ada 156 orang yang berasal dari Desa/Kelurahan yang ada di Kabupaten Rejang Lebong,” ujar Anes Rahman.

Dirinya menjelaskan, acara itu bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para peserta terkhusus pihak Desa/Kelurahan agar bisa tepat sasaran memberikan bantuan sosial kepada masyarakatnya.

“Diharapkan setelah Bimtek ini, bisa memverifikasi dan mengusulkan masyarakatnya yang rentan, miskin, layak dan tidak layak penerima bantuan sosial,” pungkasnya.

Kemudian, Ia menjelaskan bahwa Aplikasi Sistem Kesejahteraan Sosial-Next Generation (SIKS-NG) merupakan aplikasi nasional untuk penerima segala jenis bantuan pemerintah yang memuat Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di Kabupaten Rejang Lebong.

“Agar bantuan sosial ini tepat sasaran, maka kami hari ini ingin membentuk operator SIKS-NG untuk tingkat Desa dan Kelurahan dengan sistem online sehingga data DTKS Kabupaten Rejang Lebong bisa benar-benar valid dan juga tepat sasaran,” lugasnya kembali.

Tidak perlu lagi mendatangi Dinas Sosial, lanjut dikatakan Anes Rahman, masyarakat Rejang Lebong sekarang bisa langsung datang ke operator desa atau kelurahannya masing-masing untuk mengecek penerima bantuan sosial.

Dilain sisi, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Pranoto Majid mengucapkan terimakasih kepada seluruh panitia penyelenggara serta Dinas Sosial Kabupaten Rejang Lebong dan semua yang terlibat atas terselenggaranya acara ini.

“Besar harapan kita, usai pelatihan ini para peserta bisa langsung menerapkan ilmu yang telah di berikan oleh para Narasumber dan data DTKS Kabupaten Rejang Lebong ini bisa valid,” Akhirnya (**)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *