Dibalut Sentuhan Budaya, Panen Karya P5 SMAN 1 Sukses Di Gelar

Dok : Kepala Sekolah SMAN 1, Afrison, M.Pd. saat membuka kegiatan acara 

Publikpost – Rejang Lebong, Sekolah SMAN 1 Rejang Lebong yang terletak di Kelurahan Dwi Tunggal, saat ini menggelar kegiatan Panen Karya P5 semester Genap TA 2023/2024, yang mana kegiatan secara resmi dibuka oleh kepala sekolah Afrison, M.Pd. dengan simbol menabuh Gong Pertanda dimulainya kegiatan. 

Dikatakan kepala sekolah SMAN 1 Rejang Lebong, Afrison, M.Pd, mengatan dimana untuk awal kegiatan para siswa menonton video bersama hasil kreasi siswa panen Karya P5. Lanjutnya yang mana panen karya P5 dihari kedua dengan agenda pertunjukan seni tari, Dram, Fashion Show, dan Pameran Produk Hasil Karaya Siswa,

” Untuk kegiatan kita di hari pertama para siswa bersama sama menonton video kegiatan kreasi mereka, dan hari kedua berbagai macam pertunjukan seperti Seni Tari, Drama, Fashion Show, serta menampilkan produk karya siswa,” Ujarnya, Rabu, (28/5/2024).

Ia juga menjelaskan yang mana melalui kegiatan ini, merupakan apresiasi kepada siswa terhadap project peguatan profil pelajar Panca sila atau P5, yang masuk dalam kurikulum Merdeka yang aspek penilaiannya memiliki karakter profil pelajar pancasila. Lanjutnya seperti siswa yang menjadi relawan anak yatim piatu untuk mengalang dana bantuan ke beberapa panti asuhan yang ada di Rejang Lebong.

” Selain kegiatan diatas anak – anak juga mengikuti kegiatan sosial yaitu menjadi relawan melakukan penggalangan dana bantuan ke beberapa panti asuhan,” Jelasnya

Sementara itu Sutrisno, S.Pd selaku Koordinator kegiatan menyampaikan dalam sambutannya, dimana dirinya mengucapkan selamat buat kita semua yang telah sukses menyelengarakan Panen Karya P5 ditahun ajaran ini, untuk itu saya haturkan terima kasih kepada tim dan manajemen, terkhususnya anak OSIS yang bersinergi dalam bekerja sama.

” Alhamdulillah berkat kerja sama, kita semua acara panen karya P5 sukse digelar tampa ada hambatan dalam bentuk apapun,” Sampainya

Dalam kesempatannya ia juga menjelaskan, dimana projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan salah satu pembahasan dalam Kurikulum Merdeka. Tujuan dari P5 dalam Kurikulum Merdeka menjadikan peserta didik sebagai generasi bangsa yang unggul,kreatif, dan produktif serta mengikuti berpartisipasi dalam pembangunan global yang berkesinambungan. Sesuai dengan Visi Pendidikan Indonesia yaitu mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila, dengan mewujudkan pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila.

Lanjutnya disamping itu juga pembelajaran projek profil dengan tujuan akhir yang jelas, dapat mengembangkan kompetensi sebagai pendidikan yang terbuka serta untuk berkolaborasi pendidikan dari mata pelajaran lain untuk memperkaya hasil pembelajaran.

” Jadi Dengan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) inj dapat memberikan ruang dan waktu untuk peserta didik dalam mengembangkan kompetensi dan memperkuat karakter Profil Pelajar Pancasila, yaitu Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia; Berkebinekaan global; Mandiri; Bergotong royong; Bernalar kritis; dan Kreatif,” Akhirnya.(adv/Darman).

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *