Bupati Resmikan Launching Project Meningkatkan Setoran Pajak dan Sosialisasi Alat Rekam Transaksi Digital

Publikpost.com- Kepahiang, Di era kemajuan Teknologi Digital yang berkembang dengan pesat, Pemerintah Kabupaten Kepahiang bekerja sama dengan Bank Bengkulu mengenalkan Software kasir online atau yang biasa disebut dengan POS (Point of Sales) adalah aplikasi berbasis digital yang digunakan untuk sistem penjualan dan diakses menggunakan internet. Dan pada hari ini, Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Kepahiang melaksanakan Launching Project Meningkatkan Pajak dan Sosialisasi Alat Rekam Transaksi Digital (Kasir Online) untuk Pelaku Usaha Restoran dan Sejenisnya. Acara ini di laksanakan di Aula Zhu – Zhu Garden Kelurahan Dusun Kepahiang Kecamatan Kepahiang Kabupateb Kepahiang, Provinsi Bengkulu,(Jumat,06/10/2023).

Sosialisasi dibuka langsung oleh Bupati Kepahiang Dr Ir Hidayattullah Sjahid MM IPU di dampingi Wakil Bupati Kabupaten Kepahiang dan di hadiri oleh Wakapolres Kepahiang, Perwakilan Kejaksaan Negeri Kepahiang, Sekda Kepahiang.

Dalam sambutanya Bupati Kepahiang Dr. Ir Hidayattullah Sjahid MM, IPU., yang sekaligus meresmikan kegiatan tersebut mengatakan gambarkan tentang Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kepahiang, seperti transfer pusat dan DBH (Dana Bagi Hasil) dan ada beberapa jenis pajak diubah berdasarkan Undang-Undang Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Daerah (UU HKPD) serta mendukung program yang akan di jalankan tersebut.

“Walaupun tantangan Pemerintah daerah Kabupaten Kepahiang dalam meningkatkan PAD masih sangat besar namun, Kami (Pemerintah daerah.red) akan mendukung program Kasir Online supaya bisa menjadi terobosan sangat bagus untuk meningkatkan PAD. Dan dengan berjalanya program ini, Saya berharap pajak restoran, pelaku usaha bisa menyumbang lebih dari 2 persen dan selebihnya bisa ditambahkan dari makan minum ASN Pemkab Kepahiang serta Pajak dari pelaku usaha walet bisa di tingkatkan, walau hanya ada 8 rumah walet yang bayar,” kata Dr. Ir Hidayattullah Sjahid MM, IPU.

Lanjut, Kepala BKD Jono Antoni juga menyampaikan Pajak restoran penyumbang pajak potensial setelah PBB-P2 dengan Realisasi penerimaan per tahun 9,14 persen dari total pajak daerah dan hasilnya masih belum optimal serta dengan adanya Alat Rekam Transaksi Digital (Kasir Online) akan menjda strategi untuk meningkatkan PAD para pelaku usaha

“Pemasangan alat rekam transaksi digital pada wajib pajak restoran yang dinamakan Menanjak diantaranya sebagai salah satu strategi meningkatkan PAD, meningkatkan pengetahuan pelaku usaha dan mempermudah wajib pajak,” sampainya.

Masih di tempat yang sama, Kepala Cabang Bank Bengkulu Hendri Adinata SE mengucapkan terima kasih ke Pemerintah Kabupaten Kepahiang atas support ke Bank Bengkulu dalam rangka meningkatkan setoran pajak dan akan menyerahan secara simbolis alat rekam kepada sejumlah pelaku usaha.

“Bank Bengkulu sangat berterimakasih atas kerjasamanya dan akan terus mendukung untuk meningkatkan transaksi digital di Pemerintah Daerah Kabupaten Kepahiang dan Bank Bengkulu akan memberikan 10 unit alat perekam digital yang lebih canggih dari kabupaten lainnya di Provinsi Bengkulu,” sampai Hendri.

Dan tampak hadir juga DJPP Pratama Curup, Kepala BPD Cabang Kepahiang, Asisten III, Sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kababupaten Kepahiang serta Puluhan Pelaku Usaha di Kepahiang. (ank4)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *