Tingkatkan Mutu Pelayanan, Jalani Re – Akreditasi Puskesmas Simpang Nangka Optimis Predikat Paripurna

Publikpost.com – Rejang Lebong, Guna untuk peningkatan mutu layanan kesehatan, BLUD UPT Puskesmas Simpang Nangka Kecamatan Selupu Rejang Kabupaten Rejang Lebong, menjalani proses survei Re-Akreditasi yang dilakukan oleh tim surveior Independen dari Lembaga LAFKI, Rabu, (22/5/2024). 

Kegiatan dihadiri, Lurah simpang nangka, Kepala Puskesmas Curup Timur, Kepala Puskesmas tempel Rejo, kapolsek simpang nangka, sektaris dinas kesehatan,  Bhabinsa bhabinkamtibmas, serta seluruh anggota Puskesmas.

Dikatakan Kepala Puskesmas Simpang Nangka, Hendra sebelumnya Puskesmas Simpang Nangka telah mengikuti penilaian serupa. Pada penilaian tersebut Puskesmas Simpang Nangka memperoleh predikat Dasar.

” Melalui agenda lima tahunan ini. Mudah-mudahan untuk penilaian re-akreditasi tahun ini Puskesmas Simpang Nangka dapat meraih predikat Paripurna,” ucapnya

Dirinya juga mengungkapkan untuk mencapai hasil tersebut, pihaknya telah melakukan sejumlah upaya. Yaitu, perbaikan diberbagai sektor alur pelayanan Puskesmas, optimalisasi pelaksanaan manajemen Puskesmas, serta melakukan upaya peningkatan mutu

lanjutnya ia juga menegaskan pihaknya juga telah melakukan optimalisasi kolaborasi lintas program dan lintas sektor, membuat inovasi pendukung peningkatan capaian kinerja dan melakukan monitoring serta evaluasi yang terintegrasi.

” Sehingga harapannya, Puskesmas Simpang Nangka dapat memberikan mutu pelayanan kesehatan yang terbaik, khususnya untuk seluruh masyarakat kecamatan Selupu Rejang,” Sampainya

Sementara itu Tim Surveior dari Lembaga LAFKI Dr.Febi Nur Sanda mengatakan, yang mana saat ini dirinya lagi melakukan survei ataupun memotret untuk penilaian, dimana pemotretan ini dilakukan selama 3 hari berturut-turut dari tanggal (20 – 21 – 22).

Lanjutnya untuk itu Kita telah melakukan penelusuran kinerja Puskesmas Simpang Nangka ini. Mulai dari memotret sarana dan prasarana layanan di lingkungan Puskesmas hingga melihat langsung aktivitas di luar Puskesmas.

” Ya Pemeriksaan dokumen, sarana dan prasarana pendukung kinerja Puskesmas Simpang Nangka ini sudah baik dan lengkap. Kondisi peralatan medis dan penempatannya juga baik. Serta penampilan para pegawainya pun cukup baik. baju seragam yang dikenakan dalam selama penilaian ini cukup bervariasi,” Ujar Dr Febi

Ia juga menuturkan ada beberapa koreksi yang diberika oleh Dr Febi yaitu seperti lantai, yang tidak boleh memiliki tingkatan, karena menurutnya lantai itu harus datar mengigat tempat keluar masuknya pasien jadi sedikit terganggu, dan untuk penilaian akan dinilai oleh kementrian kesehatan, karena pihak Lembaga hanya melakukan pemotretan saja, dari hasil survei selama 3 hari inilah yang nantinya berkasnya akan kami kirimkan ke kementerian kesehatan.

” Ya kita hanya melakukan pemotretan ataupun survei saja, untuk nilai akan dinilai oleh kementrian kesehatan, jadi berkas ini lah yang nantinya kami kirim ke kementrian kesehatan,” Pungkasnya.(nz)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *