Pemdes Kota Agung Realisasiakan Program Ketahanan Pangan, Tasi : “Tahun 2024 Ada 2 Program Bantuan Usula Masyarakat”

Publikpost.com, Kepahiang- Pemerintah Desa Kota Agung Kecamatan Bermani Ilir Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu, telah menyalurkan bantuan program ketahanan pangan di tahap pertama. Penyaluran ini di laksanakan pada hari Selasa di Balai Desa setempat, (22/05/2024).

 

Tasi selaku Kepala Desa Kota Agung mengatakan program ketahan pangan dengan pagu 20% dari sumber Dana Desa (DD) tahun anggaran 2024 di prioritaskan untuk dua program, yakni bantuan dengan jenis Ayam Kampung dan pembagian Bibit, yang bertujuan agar warga desa dapat membudidayakan ternak Ayam Kampung untuk menambah penghasilan perekonomian selain dari bidang pertanian.

 

“Benar, kemarin kami telah menyalurkan bantuan untuk tahap 1, yaitu ternak Ayam Kampung. Tahun ini, ada 2 jenis kegiatan pada program ketahanan pangan, untuk tahap ke 2 nanti jika tidak ada perubahan, yaitu pembagian bibit tanaman buah,” jelas Tasi.

Lanjut, Tasi juga menambahkan untuk jumlah pagu anggaran program ketahanan pangan, berjumlah 160 Juta dengan kalkulasi 20% Dana Desa, dari anggaran ini, ada 2 item jenis pengadan yang akan direalisasikan, yaitu jenis hewani dan jenis nabati. Penentuan program ketahanan pangan ini, lanjutnya lagi merupakan hasil kesepakatan melalui musyawarah sebelum penyusunan RKPDes beberapa waktu yang lalu.

 

Lalu, beliaupun berharap program ini nantinya bisa meningkatkan konsumsi pangan yang beragam, bergizi seimbang, aman, higienis, bermutu, tidak bertentangan dengan agama, keyakinan, dan budaya masyarakat, serta berbasis pada potensi sumber daya lokal sesuai dengan tujuan dari pemerintah menetapkan program ketahanan pangan yang disalurkan melalui pemerintah desa dengan menggunakan Dana Desa.

 

“Kami berharap, program ini akan berkelanjutan agar bisa membantu meningkatkan perekonomian warga. Serta tak ada permasalahan muncul diantara warga, karena kami membutuhkan semua dukungan dari warga desa untuk menjalankan program-program yang telah diwacanakan,” demikian Tasi. (Warsito)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *