Sebanyak 31 KPM Desa Kembang Seri Penuhi Kreteria Penerima BLT-DD

Publikpost.com, Kepahiang- Bertempat di balai Desa Kembang Seri Kecamatan Bermani Ilir Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu, Pemerintah Desa melaksanakan Musyawarah Desa Khusus Validasi dan Finalisasi data pemerima Bantuan Langsung Dana Desa (BLTD-DD) tahun anggaran 2024. Sebelum memvalidasi dan memfinalkan calon Keluarga Penerima Manfaat (KPM), Pemerintah Desa sudah terlebih dulu untuk mendata warga desa yang termaksuk dalam kategori sebagai berikut :

1. Kehilangan mata pencaharian

2. Mempunyai anggota keluarga yang rentan sakit menahun/kronis dan/ atau difabel

3. Tidak menerima bantuan sosial program keluarga harapan

4. Rumah tangga dengan anggota rumah tangga tunggal lanjut usia dan/ atau

5. Perempuan kepala keluarga dari keluarga miskin.

 

 

Rian Hidayat selaku Kepala Desa mengatakan perlunya mengadakaan Musyawarah Desa Khusus supaya bantuan langsung tunai bisa tepat sasaran dengan mempunyai minimal 1 kreteria dari aturan yang sudah di tetapkan, (Rabu,24/01/2024).

 

“Sebelum Pemerintah Desa melaksanakan Musyawarah Desa Khusus sebelumnya, Kami (pemdes) tetap melakukan pendataan ulang data – data calon penerima BLT-DD dengan tujuan agar mengetahui status kelayakan nya. Dari 5 kerteria yang telah di tetapkan oleh pemerintah pusat, minimal ada 1 saja kreteria nya maka dia (calon penerima.red) bisa di kategorikan layak. Namun, kelayakan tersebut akan di pertanyakan lagi di hari ini untuk memvalidkan dan memfinalisasikan kelayakan nya mengingat pagu anggaran penerima bantuan BLT-DD ini maksimal 25% saja,” kata Rian Hidayat.

 

Rian Hidayat juga menambahkan dari hasil musyawarah ini telah di sepakati dan di tetapkan lelayakan nya sebanyak 31 keluarga penerima manfaat dengan menerima bantuan 300 ribu untuk di setiap julan nya selama 1 tahun.

 

“Untuk jumlah KPM di tahun ini (2024.red) sebanyak 31 kepala keluarga yang memang benar – benar layak untuk mendapatkan bantuan langsung tunai dana desa, dan untuk uang bantuan yang akan mereka terima selama setahun sebesar 3.600.000 dan akan di salurkan melalui beberapa tahapan,” tambah Rian.

 

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Bhabinsa, Bhabinkamtibmas, tokoh adat, BPD, PLD, PD serta seluruh Perangkat Desa Kembang Seri. (adv/wrt)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *