Melalui Dana Desa 2024, Pemdes Tebat Laut Prioritaskan Usulan Masyarakat

Publikpost.com, Kepahiang- Bertempat di Balai Desa Tebat Laut Kecamatan Seberang Musi Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu, Pemerintah Desa (Pemdes) melaksanakan Musyawarah Desa Pra Pelaksanaan Pembangunan. Kegiatan tersebut menandakan pelaksanaan pembanguanan yang bersumber dari Dana Desa tahun anggaran 2024 akan segera di realisasikan. Kegiatan ini di laksanakan pada hari Rabu, (08/05/2024).

 

Saat pembukaan acara kegiatan tersebut Nopriansyah, selaku kepala Desa Tebat laut menjelaskan berdasarkan hasil musyawarah desa, Persetujuan rencana pembangunan fisik melalui hasil usulan di dalam musyawarah desa menunjukkan bahwa keputusan tersebut dihasilkan melalui proses partisipatif yang melibatkan masyarakat secara langsung. Hal ini mencerminkan kesepakatan bersama antara pemerintah dan warga dalam merencanakan pembangunan yang sesuai dengan kebutuhan dan aspirasi lokal.

“Dengan melibatkan masyarakat dalam memajukan pembangunan infrastruktur kami (pemdes.red) telah menyepakati dalam musyawarah mufakat pengguanaan dana desa tahun ini akan di ralisasikan untuk pembangunan jalan Tabat Beton di Dusun III. Dan Saya juga berharap Tim Pelaksana Kerja (TPK) dalam pelaksanaan kegiatan dapat membantu dalam perencanaan, pengorganisasian, dan pelaksanaan proyek secara lebih terkoordinasi dan terstruktur. Karena, hal Ini juga dapat meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam penggunaan Dana Desa,” papar Nopriansyah.

Lanjut, Nopriansyah menambahkan Rencana pembangunan rabat beton dan program Ketahanan Pangan Desa dengan penyaluran pupuk secara langsung kepada setiap kepala keluarga menunjukkan komitmen Desa Tebat Laut untuk meningkatkan hasil bumi dan infrastruktur pembangunan di desa.

“Langkah ini dapat membantu meningkatkan aksesibilitas dalam pembanguna infrastruktur dan ketahanan pangan di tingkat masyarakat dan dapat menjadikan manfaat yang tepat untuk masyarakat. Dan kami juga, sudah melaksanakan program Ketahanan Pangan Desa dengan menyaluran Pupuk secara langsung kepada setiap kepala keluarga sebanyak 1 karung pupuk per Kepala Keluarga beberapa waktu lalu,” Tambahnya.

 

Masih di tempat yang sama Camat Seberang Musi Dedi Sukrizal, mengingatkan sebelum melaksanakan pembangunan jalan rabat beton agar sekiranya TPK segera mendapatkan surat hibah lahan yang akan dibangun nantinya, supaya dapat diselesaikan dengan baik dan pembangunan bisa berjalan lancar tanpa ada penundaan dari pihak yang bersangkutan. Selain itu, diharapkan juga kepada masyarakat desa khususnya pembangunan yang sudah ada bisa dijaga dan dipelihara bersama agar terjamin keberlangsungan manfaatnya.

 

“Saya berharap surat hibah untuk lahan segera di selesai dengan baik, dan semoga ke depannya bangunan yang sudah dibangun di desa dapat disampaikan kepada masyarakat untuk saling menjaga dan dipelihara.” Tutup Camat.

 

Tampak hadir dalam acara tersebut Camat , PMD Kabupaten, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Pendamping Desa, pendamping Desa Kecamatan, Pendaamping Lokal Desa, serta masyarakat yang turut hadir dalam acara tersebut. (CW/Despa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *