Anggota DPRD Kepahiang Ikuti Workshop Peningkatan Kapasitas

Kepahiang, Publikpost.com- Anggota DPRD Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu, mengikuti kegiatan workshop peningkatan kapasitas pimpinan dan anggota yang diadakan oleh Asosiasi DPRD Kabupaten Seluruh Indonesia (ADKASI) di Hotel Mercure Batavia Jakarta, 01-02 Maret 2023.

 

Disampaikan, peningkatkan kapasitas pimpinan dan anggota dimaksud terkait pembahasan pokok – pokok (Pokir) DPRD dalam Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD), serta dalam LKPJ dan LHP BPK RI atas pelaksanaan APBD Kabupaten Kepahiang TA 2023.

 

Ketua DPRD Kabupaten Kepahiang, Windra Purnawan SP dalam kegiatan tersebut membuka kegiatan dan berharap workshop dapat menjadi pendalaman atas pemahaman tugas dan fungsi pimpinan beserta anggota DPRD Kabupaten Kepahiang atas penyusunan maupun penyampaian pokir.

 

“Untuk itu diharapkan akan aspirasi masyarakat Kabupaten Kepahiang nantrinya dapat tersampaikan dengan baik dan ditampung dalam RKPD,” ungkap Windra pada hari senin, (04/03/2024).

Sejumlah narasumber dalam kegiatan ini diketahui dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, Analis Keuangan Pusat dan Daerah, Jifvy Magdalena Dina Paomey, yang memaparkan materi terkait pembahasan Pokir DPRD dalam SIPD.

 

Selanjutnya pembahasan Pokir dalam LKPJ dan LHP BPK RI atas pelaksanaan APBD Kabupaten Kepahiang 2023 disampaikan narasumber dari BPK RI Training Center, Performance and Investigatif Audit Specialist, Iwan Novarian S.

 

Dalam hal ini disampaikan bahwa DPRD dapat mengevaluasi kebijakan dan program pemerintah daerah, dan memastikan akuntabilitas dalam penyelenggaraan pemerintahan.

 

Kemudian disampaikan, dalam hal mengoptimalkan pengawasan atas hasil pemeriksaan BPK RI, memerlukan adanya pengawasan DPRD terhadap siklus anggaran daerah yang ditujukan untuk menjamin pencapaian sasaran yang telah ditetapkan dalam Perda tentang APBD. (4nka)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *