Sekjen PERATIN Apresiasi RKFZ Koleksi Beragam Budaya Nusantara

Publikpost.com – Jakarta, Sekretaris Jenderal Perkumpulan Advokat Teknologi Informasi Indonesia dan juga menjabat sebagai Ketua Umum Asosiasi Pengusaha TIK Nasional (APTIKNAS) Ir. Soegiharto Santoso, SH menyambangi Rumah Kreatif Fadli Zon (RKFZ) di Kompleks Bumi Cimanggis Indah, Kota Depok (14/4/2024). Soegiharto yang akrab disapa Hoky mengaku takjub saat melihat langsung koleksi keris, wayang, tombak, pedang dan badik dari Nusantara, koleksi perangko, koleksi uang logam (coin), koleksi patung dan lukisan dari berbagai maestro seniman Indonesia.

Bahkan di RKFZ ini juga terdapat koleksi piringan hitam (long play) dari musisi atau penyanyi Indonesia, koleksi rokok yang di produksi di Indonesia, koleksi tekstil atau kain tua dari berbagai daerah, koleksi kaca mata dari beberapa tokoh, bahkan koleksi koran tua ada juga di RKFZ.

Tak heran RKFZ telah meraih penghargaan dari Musium Rekor-Dunia Indonesia (MURI) sebagai pemilik beragam Koleksi Budaya Nusantara Terbanyak yang diserahkan langsung Menteri Parekraf Sandiaga Uno dan pendiri MURI Jaya Suprana baru-baru ini di Jakarta. Dan ini merupakan penghargaan MURI ke-37. Terakhir pada tahun 2022, Fadli Zon tercatat berhasil meraih 9 rekor MURI.

Selain itu, RKFZ yang berdiri sejak 2013 ini sebelumnya pernah meraih tiga penghargaan dari MURI pada tahun 2011, dalam kategori: (1) koleksi keris terbanyak, (2) koleksi koran tua terbanyak, (3) koleksi piringan hitam terbanyak.

Selanjutnya di tahun 2012, Fadli Zon Library kembali memperoleh tiga rekor dari Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) dalam kategori: (1) koleksi mata uang logam kuno terbanyak, 2) koleksi jumlah buku terbanyak, dan 3) koleksi prangko terbanyak.

Pencapaian RKFZ ini menuai apresiasi dari berbagai kalangan, termasuk Hoky yang melihat langsung sederet koleksi yang berhasil meraih penghargaan dari rekor MURI. “Koleksi beragam budaya nasional di Rumah Kreatif Fadli Zon ini patut diapresiasi. Menariknya di lokasi ini ternyata sering diadakan berbagai kegiatan seni dan budaya seperti pameran lukisan, diskusi sastra, pembacaan puisi, kreasi musik, membaca dongeng, drama, dan tari, serta beragam kegiatan seni dan budaya lainnya,” tutur Hoky saat menghadiri Silaturahim Halal Bihalal di lokasi RKFZ pada (14/4/2024).

Hoky yang juga berporfesi sebagai wartawan mengaku tertarik melihat koleksi koran tua di RKFZ ini. “Kita sebagai wartawan tentu sangat antusias bisa melihat langsung koleksi koran-koran tua di tempat ini. Salah satu potret sejarah perjalanan pers Indonesia bisa dilihat dari koran-koran tua ini,” tutur Hoky yang juga menjabat Wakil Ketum SPRI dan Ketua Dewan Pengarah LSP Pers Indonesia.

Sementara Wakil Kepala Polda Metro Jaya Brigjen. Pol. Suyudi Ario Seto, S.H., S.I.K., M.Si. yang juga hadir turut memberi dukungan kepada RKFZ.

Turut hadir pula pada silaturahim dan halal bihalal di Rumah Kreatif Fadli Zon, sejumlah seniman, budayawan dan perwakilan pengurus DPN Himpinan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), pengurus Sekretariat Nasional Perkerisan Indonesia (SNKI), dan rekan-rekan pengurus Himpunan Seni Budaya Islam (HSBI), Komunitas Piringan Hitam. Ada Om Ote Abadi (The Mercys), Om Jelly Tobing, n Black Brothers. (Gt)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *