Peringati Satu Tahun Perguruan pencak Silat Rejang Pat Petulai, Wakil Gubernur Rosjonsyah, ini Kegiatan Fositif Yang Harus Dilestarikan

Publikpost.com – Rejang Lebong, Organisai Perguruan pencak silat Rejang Pat Petulai, saat ini tengah menggelar kegiatan acara memperingati satu tahun dengan bersamaan merayakan kemerdekaan RI yang ke-78, dimana kegiatan dilaksanakan di karanganyar tepatnya di halaman rumah ketua perguruan pencak silat rejang pat petulai, Kamis (23/08/2023).

Kegiatan dihadiri langsung wakil gubernur provinsi bengkulu yaitu Dr.H. Rosjonsyah, Waka 1 DPRD Rejang Lebong Surya ST, MM, ketua BMA Rejang Lebong, Kasad binmas Polres Rejang Lebong, serta lampisan masyarakat.

Dalam kesempatanya wakil Gubernur Bengkulu Dr.H.Rosjonsyah mengucapkan selamat memperingati satu tahun pencak silat Rejang Pat Petulai, lanjutnya dimana kegiatan pencak silat ini merupakan kegiatan yang positif, yang harus dilestarikan mengigat perguruan pencak silat pat petulai ini merupakan pencak silat asli dari tanah rejang. Sehingga ini merupakan harta kekayaan yang dimiliki kabupaten Rejang lebong. Menurutnya harta kekayaan bukan hanya emas dan permata, peninggalan dari leluhur juga seperti silat tarian dan masi banyak lagi yang harus di lestarikan.

“saya sangat mendukung kegiatan ini, karena merupakan kegiatan yang sangat positif, selain untuk membela diri, silat ini juga bisa membuat tubuh kita menjadi sehat, yang tak lain karena ini merupakan peningalan dari leluhur kita yang harus selalu di lestarikan,” Ucap Wakil Gubernur Rosjonsyah

Sementara itu hal senanda diucapkan oleh waka 1 dprd kabupaten rejang lebong yang mengatakan mendukung penuh berdirinya kembali pencak silat rejang pat petulai, yang menurutnya dengan adanya pencak silat ini, menghidupkan kembali marwah seni rejang pat petulai, karena di silat rejang pat petuai ini terdapat tarian, dan merupakan silat turun temurun dari nenek moyang.

 

“ya saya sebagai dprd kabupaten rejang lebong mendukung penuh berdirinya kembali pencak silat rejang pat petulai, karena banyak sejarah yang bisa anak-anak pelajari tetang silat rejang zaman dahulu,” singkatnya

Di tempat yang sama ketua pengurus perguruan pencak silat rejang pat petulai Amin Nudin, mengatakan, setelah sekian lama perguruan ini berhenti, sehingga ini lah saat nya bagi penerus untuk mendirikan kembali perguruan ini, karena anak-anak kita harus tau nilai dari sejarah dari pencak silat rejang pat petulai. Lantjunya dimana perguruan ini memiliki ratusan anggota yang tersebar di kabuoaten rejang lebong.

“alhmdlullah acara kita malam ini sukses tanpa kendala apapun, harapan saya kepada pemerintah dan masyarakat agar terus mendukung dan suports perguruan Rejang Pat Petulai agar terus bisa bediri dan berkembang,” akhirnya (bn).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *