Pemkab Rejang Lebong Gelar Upacara Bendera Penutupan HUT Curup Ke- 144

Publikpost.com – Rejang Lebong, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong menggelar upacara bendera dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Curup ke-144 tahun 2024. Dimana kegiatan dilaksanakan di lapangan pemda, Rabu, (29/5/2024).

 

Kegiatan dihadiri Bupati Rejang Lebong Drs. H. Syamsul Effendi,MM secara langsung bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup), Ketua DPRD RL Mahdi Husen, SH, Sekretaris Daerah Rejang Lebong, Yusran Fauzi, ST, Unsur FKPD (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah), Asisten II Pemprov. Bengkulu.

Para Ketua Organisasi Wanita, para Asisten dan Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) beserta jajaran dilingkungan Pemkab Rejang Lebong.

Serta diramaikan oleh pasukan dari Aparat TNI, Aparat POLRI, aparat Polisi Pamong Praja (Satpol PP), barisan DAMKAR, barisan PGRI, barisan Organisasi Kepemudaan Mahasiswa (OKP) dan Organisasi Masyarakat (Ormas) dan Organisasi Pelajar.

Dalam upacara itu, Bupati, Unsur FKPD dan seluruh jajarannya mengenakan pakaian adat khas Rejang berikut dengan hiasannya, begitu juga para tamu undangan lainnya juga menggunakan pakaian adat.

Dalam amanatnya, Bupati Rejang Lebong, Drs. H. Syamsul Efendi, MM mengucapkan selamat hari jadi kota curup ke- 144 tahun 2024. “Saya selaku pribadi, keluarga dan atas nama seluruh jajaran pemerintah kabupaten rejang lebong, mengucapkan selamat hari jadi kota curup ke-144,” ujar Bupati.

Bupati mengucapkan terima kasih serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh lapisan masyarakat dan pihak- pihak lain yang telah mendukung, serta berperan aktif dalam penyelenggaraan seluruh rangkaian acara dalam rangka perayaan hari jadi Kota Curup.

“Kami juga berharap kedepannya kita bisa membangun suasana dialogis yang lebih intensif, sehingga penyelenggaraan event kebudayaan, pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di Kabupaten Rejang Lebong semakin baik,” harap Bupati.

Hari jadi Kota Curup telah ditetapkan dalam peraturan daerah Kabupaten Rejang Lebong nomor 6 tahun 1998 tentang hari jadi Kota Curup, secara legal formal ditetapkan pada tanggal 29 Mei 1880.

“Terselenggaranya pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan di daerah ini diawali dengan pengorbanan jiwa, pertumpahan darah, tetesan keringat, air mata para pejuang, dan kerja keras para pimpinan daerah dan dukungan seluruh unsur masyarakat di Rejang Lebong,” ucap Bupati

Melalui momentum hari jadi kota curup, dalam melestarikan adat, budaya dan kesenian daerah telah ditunjukkan dengan melaksanakan kegiatan ini secara rutin setiap tahunnya, dalam rangka pembangunan non fisik di bidang adat, budaya dan kesenian daerah, akan tetapi pada tahun ini sangat berbeda sebelumnya yang banyak pertunjukan seni dan budaya.

kegiatan ini tentunya memiliki makna dan arti penting bagi masyarakat Kab. Rejang Lebong, disamping mengandung makna yang strategis serta mengenang para pejuang terdahulu yang telah berhasil mendirikan kabupaten yang kita cintai.

Dalam kesempatan yang bahagia ini lanjut Bupati, pemerintah memberikan berupaya informasi pembangunan penyelenggaraan pemerintahan dan kepada masyarakat, sekaligus membentengi diri dari pengaruh-pengaruh negatif perkembangan budaya luar, serta untuk menumbuh kembangkan semangat dan peran serta masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam membangun Rejang Lebong yang kita cintai.

“Tentunya hari jadi kota curup ke-144 kita mengambil hikmah, tidak mengurangi makna walaupun tidak melaksanakan festival dan kemeriahan seremonial belaka, namun perlu dilakukan introspeksi dan evaluasi atas apa yang telah kita capai sejauh ini serta mampu mengaktualisasikan dalam gerak langkah, pikir, emosi dan tingkah laku sehari-hari, yang bermuara pada satu semangat dan etos kerja yang tinggi, untuk melakukan perubahan sikap dan perilaku yang lebih baik,” Akhirnya. (Prw)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *