Pemerintah Desa Kembang Seri Tetapkan APBDes 2024

Publikpost.com, Kepahiang- Memasuki awal tahun 2024 dengan jumlah pagu Dana Desa (DD) yang sudah di tetapkan oleh Menteri Keuangan. Hari ini, Pemerintah Desa Kembang Seri Kecamatan Bermani Ilir Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu melaksanakan Musyawarah Penetapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) sekaligus memvalidasika keluarga penerima manfaat dana desa. Pelaksanaan musyawarah tersebut di laksanakan di balai desa setempat, (Rabu, 24/01/2024).

 

Kepala Desa Kembang Seri Rian Hidayat menjelaskan pentingnya Musyawarah penetapan APBDes tersebut guna memaparkan penggunaan dana desa yang akan menjadi priotas supaya penggunaan dana desa menjadi transparan di masyarakat desa.

 

 

“Berkumpulnya perwakilan dari masyarakat desa ini, saya harapkan agar nantinya dapat menyampaikan kepada masyarakat yang tidak hadir terkait penggunaan dana desa sehingga nantinya penggunaan dana desa ini bisa tampak transparan. Dari total pagu yang sudah di tetapkan oleh pemerintah pusat dana ini terbagi menjadi beberapa bagian dengan persentase, maksimal 25% BLT, program ketahanan Pangan paling sedikit 20%, dan ada juga biaya oprasional desa sebesar 3%, serta masih banyak lagi yang lainya seperti biaya pembanguna fisik dan stunting serta biaya yang tak terduga yang di akibatkan oleh alam,” jelas Rian.

 

Rian juga menambahkah untuk pembangunan sarana dan prasarana serta program pemulihan ekonomi melalui ketahan pangan di desa masih menunggu usulan dari masyarakat desa.

 

“Untuk pembanguna dan program ketahan pangan di tahun ini, kami (pemdes.red) masih menunggu usulan – usulan yang menjadi prioritas kebutuhan di desa,” tambahnya. (wrt)

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *