Paripurna Mendengarkan Pidato Presiden Dalam Rangka Memperingati HUT Kemerdekaan RI Ke-78

KEPAHIANG, Publikpost.com – DPRD Kabupaten Kepahiang menggelar Rapat Paripurna dengan Agenda Mendengarkan Pidato Presiden RI dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-78, yang dilaksanakan di Ruang Sidang Paripurna Kantor DPRD Kabupaten Kepahiang pada Rabu, (16/08/2023).

Rapat paripurna dihadiri oleh Wakil Ketua I, Andrian Defandra, S.E., M.Si, Wakil Ketua II, Hariyanto, S.Kom., M.M. beserta 21 Anggota DPRD Kabupaten Kepahiang. Turut hadir Bupati Kepahiang, Dr. Ir. Hidayattullah Sjahid, M.M., IPU, Wakil Bupati, H. Zurdi Nata, S.IP, Forkopimda Kabupaten Kepahiang, Sekda Kabupaten Kepahiang, Dr. Hartono, M.Pd, Asisten Setdakab. Kepahiang, Presidium dan Veteran Kabupaten Kepahiang, Perwakilan Ormas, Parpol, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, BUMD, Kepala Sekolah, Kepala Puskesmas, Kepala Instansi Vertikal, Kepala Dinas, Kepala Badan, Kepala Kantor beserta Camat dalam lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Kepahiang. Tampak hadir Kepala Desa dan BPD di wilayah Kabupaten Kepahiang beserta segenap tamu undangan lainnya.

Moment Foto Bersama DRPD dan Pahlawan Kemerdekaan RI 

Melalui paripurna ini, Ketua DPRD Kabupaten Kepahiang, Windra Purnawan, SP yang memimpin rapat menyampaikan peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-78 mengusung tema “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”. Tema tersebut didasari pencapaian yang telah diraih hingga menjadikan posisi menguntungkan bagi Indonesia dalam gerak pembangunan negara.

“Ini adalah aksi nyata yang progresif. Jadi mari jangan kita biarkan momentum ini berhenti, lanjutkan pembangunan dengan semangat estafet yang terus berkelanjutan,” sampai Ketua DPRD, Windra Purnawan.

Selanjutnya terhadap pembangunan di Kabupaten Kepahiang, Ketua DPRD mengatakan semangat tema HUT RI kali ini kiranya dapat dijadikan Pemerintah Daerah untuk tetap melanjutkan pembangunan melalui program-program daerah yang telah diwacanakan. Serta menciptakan program-program baru yang bertujuan menciptakan Kabupaten Kepahiang yang lebih maju.

“Oleh karena itu saya serukan bahwa perjuangan kita sebagai stakeholder Kabupaten Kepahiang harus terus membara. Mari korbankan pikiran, tubuh, bahkan tetesan darah perjuangan demi Kepahiang yang lebih baik. Mari kita lanjutkan perjuangan pembangunan dan berkolaborasi bersama memanfaatkan momentum untuk Kepahiang maju,” seru Windra Purnawan, SP.

Sementara itu melalui pidato kenegaraan Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo yang disiarkan secara langsung dari Gedung DPR/MPR RI di Bilangan Senayan Jakarta, menyerukan konsistensi reformasi struktural, terutama sinkronisasi dan penyederhanaan regulasi, kemudahan perizinan, kepastian hukum, dan pencegahan korupsi.

“Semua itu modalitas kita untuk meraih kemajuan. Oleh sebab itu, saya berulang kali menyampaikan, kepemimpinan ke depan sangat menentukan masa depan Indonesia. Ini bukan masalah siapa yang jadi pemimpin ke depan, tetapi mengenai sanggup atau tidak untuk bekerja sesuai apa yang sudah kita mulai saat ini, berani atau tidak, mampu konsisten atau tidak. Karena yang dibutuhkan adalah napas yang panjang. Karena kita tidak sedang jalan sore ataupun sedang lari sprint. Tapi yang kita lakukan harusnya adalah lari maraton untuk mencapai Indonesia Emas,” sampai Presiden Jokowi yang terlihat mengenakan pakaian adat Tanimbar dari Provinsi Maluku.

Selanjutnya melalui penyampaian keterangan pemerintah atas RUU APBN TA. 2024 beserta nota keuangannya, Presiden Jokowi menyebutkan pertumbuhan ekonomi selama tujuh kuartal terakhir, sejak akhir 2021, secara konsisten berada di atas 5,0%. Tingkat pengangguran berhasil diturunkan dari 6,26% pada Februari 2021 menjadi 5,45% pada Februari 2023. Sementara tingkat kemiskinan juga terus menurun menjadi 9,36% pada Maret 2023. Begitu juga dengan kemiskinan ekstrem yang turun dari 2,04% pada Maret 2022 menjadi 1,12% pada Maret 2023.

“Pemulihan ekonomi yang cepat dan kuat telah membawa Indonesia naik kelas, masuk kembali ke dalam kelompok negara berpendapatan menengah atas (Upper-Middle Income Countries) di Tahun 2022. Pemulihan ekonomi Indonesia terus berlanjut. Semester 1 2023, ekonomi nasional tumbuh 5,1%. Inflasi Indonesia juga semakin terkendali dan mencapai 3,1% sampai dengan Juli 2023,” Akhir Ir. Joko Widodo.(**)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *