Kembali dari COMPUTEX 2024 Taiwan, Delegasi APTIKNAS Sukses Jalankan Misi

Publikpost.com – Jakarta, COMPUTEX 2024, pameran teknologi bergengsi yang digelar di Taipei, Taiwan, menjadi saksi atas semangat 40 pengusaha ICT Indonesia dari Asosiasi Pengusaha Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (APTIKNAS) dalam merajut kolaborasi dan menggenggam masa depan teknologi. Ke 40 delegasi APTIKNAS sukses menjalankan misi dan telah kembali ke tanah air.

 

Kunjungan delegasi APTIKNAS pada 4-7 Juni 2024 lalu atas undangan TAITRA Jakarta di pameran COMPUTEX, Taipei, bukan sekadar perjalanan bisnis biasa, melainkan sebuah misi strategis untuk mempererat hubungan teknologi antara Indonesia dan Taiwan yang sudah terjalin selama lebih dari 10 tahun.

COMPUTEX 2024 yang dibuka oleh Presiden Republic of China (Taiwan), DR. Lai Ching-te, kini telah menjadi kiblat inovasi teknologi dunia. Di sinilah perangkat keras, perangkat lunak, dan tren teknologi terkini diperkenalkan kepada dunia.

Salah satu Ketua Tim Delegasi APTIKNAS Hendri Andrigo yang hadir langsung pada pameran kali ini, sekembalinya dari Taiwan mengatakan, pameran COMPUTEX 2024 ini adalah kesempatan emas para pengsaha ICT Indoneesia menyaksikan langsung perkembangan teknologi mutakhir, terutama dalam ranah kecerdasan buatan (AI) yang menjadi primadona pameran ini.

Hendri yang juga menjabat Ketua DPD APTIKNAS DKI Jakarta, mengatakan, dirinya sangat antusias menyambut COMPUTEX 2024. “Event ini selalu menjadi ajang yang sangat penting bagi industri teknologi global, dan tahun ini. Kami berharap dapat melihat lebih banyak inovasi dan kemajuan yang menginspirasi,” ujar Hendri kepada media ini melalui pesan tertulis pada Selasa (18/6/2024).

Menurutnya, pameran COMPUTEX di Taiwan selalu menjadi tempat pertemuan para pemimpin industri, inovator, dan pengusaha teknologi dari seluruh dunia. Partisipasi delegasi APTIKNAS di COMPUTEX 2024, lanjut Hendri, memberikan kesempatan luar biasa kepada penngusaha TIK Indonesia untuk membangun kemitraan internasional, mengakses teknologi terbaru, dan menginspirasi perkembangan teknologi di Indonesia.

Sedangkan Andi Tanudiredja selaku Ketua Tim Delegasi APTIKNAS lainnya menyampaikan, Indonesia dengan ekonomi yang terus tumbuh dan pangsa pasar yang luas, memiliki potensi kolaborasi yang tak terhingga dengan Taiwan, salah satu raksasa teknologi dunia.

“Delegasi APTIKNAS hadir dengan tekad bulat untuk menggali peluang kerja sama, menemukan inovasi terbaru, dan memperdalam pemahaman tentang AI yang kian merasuk ke berbagai aspek kehidupan,” ungkap Andi yang menjabat sebagai Waketum DPP APTIKNAS untuk Kerjasama & Event Serta Hubungan Internasional, saat ditemui wartawan di Kantor DPP APTIKNAS Jakarta, Selasa (18/6/2024).

Presentasi kunci pada event COMPUTEX 2024 ini adalah tokoh-tokoh industri ternama seperti Jensen Huang dari Nvidia dan Lisa Su dari AMD yang menjadi sorotan utama, dengan pemaparan lugas mengenai wawasan berharga masa depan AI.

Pada kegiatan tersebut hadir pula Sekjen APTIKNAS Fanky Christian yang turut menjadi salah satu Ketua Tim Delegasi APTIKNAS. Menurut Fanky, partisipasi delegasi APTIKNAS pada pameran COMPUTEX 2024 di Taiwan sangatlah aktif.

“Delegasi APTIKNAS berbagi tugas agar dapat menghadiri seluruh sesi seminar, konferensi, dan diskusi panel, untuk menyerap ilmu dari para ahli dan praktisi teknologi kelas dunia. Sesi keynote oleh Jensen Huang dan Lisa Su menjadi primadona, karena memberikan gambaran jelas tentang arah perkembangan AI dan komputasi grafis,” tutur Fanky kepada wartawan di Jakarta pada Selasa, (18/6/2024).

Pada kesempatan terpisah di Jakarta, Ketua Umum APTIKNAS Ir. Soegiharto Santoso, SH yang juga berprofesi sebagai wartawan menyambut baik laporan beberapa ketua tim delegasi APTIKNAS sekembali dari Taiwan. Menurutnya, kehadiran tim delegasi APTIKNAS pada pameran COMPUTEX 2024 di Taiwan ini merupakan langkah nyata bahwa pelaku usaha ICT Indonesia tetap mengikuti perkembangan teknologi di kancah internasional.

“Makanya delegasi APTIKNAS juga aktif membangun networking dan menjalin kerjasama bisnis dengan perwakilan perusahaan-perusahaan Taiwan, sekaligus membuka pintu bagi potensi kerja sama dan investasi di sektor TIK masuk Indonesia,” terang Soegiharto kepada wartawan di Bencoolen Coffee Kelapa Gading, Jakarta pada Selasa (18/6/2024) saat memberikan keterangan pers mengenai delegasi APTIKNAS pada ajang COMPUTEX 2024 di Taiwan.

Kunjungan tim Delegasi APTIKNAS ke Taiwan kali ini bukan sekadar urusan bisnis, melainkan tentang membangun jembatan kokoh antara Indonesia dan Taiwan di bidang teknologi yang sudah terbangun selama ini.

“Dengan pemahaman yang lebih mendalam tentang perkembangan teknologi terkini dan kolaborasi yang erat antara kedua negara, diharapkan akan tercipta sinergi yang mampu mendorong pertumbuhan ekonomi dan inovasi di kawasan ini. COMPUTEX 2024 menjadi saksi atas semangat delegasi APTIKNAS dalam merajut masa depan teknologi yang lebih cerah, baik bagi Indonesia maupun Taiwan,” pungkas Hoky sapaan akrab Ketum APTIKNAS yang saat ini dipercaya menduduki jabatan Sekjen PERATIN (Perhimpunan Advokat Teknologi Informasi Indonesia). (tim)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *