Dinkes RL, Ajak Masyarakat Jaga Kesehatan Di Bulan Ramadhan, Berikut Tips nya

Publikpost.com – Rejang Lebong, Memasuki Bulan Suci Ramadan, kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong, Rephi Maido Satria,SKM, mengeluarkan himbauan penting kepada masyarakat Rejang Lebong untuk tetap menjaga kesehatan dan kebugaran selama menjalankan ibadah puasa.

Rephi Maido, menekankan pentingnya menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, terutama saat menjalani ibadah puasa. “Kesehatan merupakan aset berharga bagi setiap individu, dan Bulan Suci Ramadan adalah kesempatan yang baik untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan,” Ujar Kadis Dinkes Rejang Lebong Repi Maido Satria,SKM, Selasa (12/3/2024).

Berikut ini adalah beberapa tips yang diberikan Kepala Dinas Kesehatan Rejang Lebong agar dapat menjaga kesehatan selama bulan ramadhan agar kondisi tubuh senantiasa berada dalam kondisi yang fit dan siap untuk menjalani ibadah dan aktivitas

1. Sahur memiliki peran yang sangat penting untuk menjaga stamina tubuh selama menjalankan ibadah puasa dan aktivitas ketika di siang hari. Untuk itu, perbanyak konsumsi makanan yang tinggi serat seperti buah dan sayur, serta hindari makanan yang tinggi minyak karena akan menyumbat pembuluh darah dan menyebabkan kantuk di siang hari

2. Langsung mengkonsumsi makanan yang banyak ketika berbuka puasa, akan menyebabkan perut menjadi sesak, sehingga makan makanan secukupnya secara bertahap, dimulai dengan mengkonsumsi air putih dan sedikit makanan manis

3. Makan malam terlalu banyak saat malam hari akan menyebabkan seseorang mengalami obesitas, sehingga harus dihindari. Selain itu juga hindari konsumsi kopi dan soda karena akan menyebabkan sulit tidur dan menimbun banyak lemak.

4. Meskipun sedang berpuasa, aktivitas fisik masih sangatlah penting untuk menjaga kebugaran tubuh

5. Jika harus melakukan persiapan untuk sahur dan bangun di pagi hari, maka hindari tidur terlalu malam untuk keperluan yang tidak terlalu penting.

Dengan menerapkan 5 panduan hidup sehat diatas, diharapkan mampu menjaga kesehatan selama menjalankan ibadah puasa di bulan Suci Ramadhan. Akhirnya (prw/nz).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *