Genjot Perekonomian Dengan Memanfaatkan Alam, Desa Air Lanang, Budidaya Lebah Madu Trigona

Foto Bersama Pemerintah Desa dan Pemateri dari balai Rejang Kabupaten Rejang lebong. 

Publikpost.com – Rejang Lebong, Pemerintah Desa Air Lanang kabupaten rejang lebong Kecamatan Curup Selatan, saat ini tengah menggelar kegiatan, Pengadaan Subsidi bantuan perternakan anggaran 2023, dimana kali ini hewan yang akan diternak berbedah dengan yang lain, yaitu ternak Lebah Madu Trigona, kegiatan dilaksanakan di kantor Desa Air Lanang, Kamis (14/9/2023). 

Kegiatan dihadiri Camat curup selatan, yaitu Zen Penani S, Sos, pemateri dari Balai Rejang, pengusaha lebah madu trigona, serta kelompok yang akan membudidayakan lebah madu trigona.

Pemateri sekaligus Pembudidaya dan pengusaha Lebah Madu Trigona, Jati S Hut, Dalam kesempatannya mengatakan dimana lebah trigona ini merupakan suatu peluang usaha yang dalam pembudidayaan nya tidak terlalu rumit, lanjutnya, budidaya ini juga tidak memakan tempat, karena lebah madu trigona, dapat dipelihara diperkarangan rumah serta di kebun-kebun, mengigat mayoritas desa air lanang masyarakatnya sebagai petani kopi, menurutnya sangat cocok untuk lebah madu trigona.

“Mengapa saya katakan bahwa lebah madu Trigona merupakan budidaya yang tidak rumit, dan tidak memerlukan lahan yang luas, karena untuk budidaya cukup di perkarangan rumah saja,” Ujarnya

Dia juga menjelaskan dimana begitu banyak manfaat yang dihasilkan dari pengembangan budidaya lebah madu trigona, selain bisa mendatangkan manfaat secara ekonomi bagi masyarakat sekitar, pembudidayaan lebah madu ini juga bisa mendatangkan manfaat secara ekologis dan secara ilmu kesehatan.

“Tujuan dari program pelatihan ini adalah agar masyarakat dapat lebih memanfaatkan hasil alam yang didapat sehingga dapat memajukan nilai ekonomis dari desa, khususnya desa Air lanang ini,” Jelasnya

Sementara itu ditempat yang sama, kepala Desa Air lanang, Heri Kiswanto, mengatakan dimana terkait pembudidayaan lebah madu terigona ini menurutnya sangat cocok di desa nya, karena tingkat resiko kegagalannya sangatlah rendah, dibandingkan melakukan peternakan ayam dan lele, kita mencoba membuka suatu yang baru, dalam memajukan perekonomian desa kita salah satunya kegiatan budidaya lebah trigona.

“Ya karena desa kita tempatnya di atas ketinggian, jadi sangat cocok untuk budidaya lebah madu trigona,” Ucapnya

Ia juga menambahkan yang mana saat ini ada 1 kelompok petani berjumlah 15 orang, yang akan membudidayakan lebah madu trigona, dan harapan saya kepada kelompok tersebut dapat serius dalam pembudidayaan lebah madu trigona tersebut, dan tentunya kedepan kita akan selalu suport kelompok tersebut, karena dalam pembudidayaan itu akan dipandu dan diajarkan oleh orang yang ahli dalam pembudidayaan lebah madu trigona.

“kita harapan saya agar kelompok budidaya lebah madu trigona untuk serius dalam melakukan pembudidayaannya, agar mendapatkan hasil yang maksimal, tentunya dapat menambah PAD buat desa,” Akhirnya. (Prw)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *